1. Dengarkan
Suara
Anak-anak
dibagi dlm beberapa group. Sediakan secarik kertas sesuai dengan jumlah anak
yang hadir, bagian secara acak. Isi kertas adalah nama binatang yang
mengeluarkan bunyi sederhana (kambing, anjing, kucing, dll). Dari suara
tersebut, anak diwajibkan mencari group "sejenisnya" tanpa
berkata-kata, yang boleh hanya mengeluarkan suara yang dia dapat.
2. Angka
Berubah
Dibagi
menjadi beberapa kelompok dengan anggota kira-kira 10-12 orang, membentuk
lingkarang (gk usah gede-gede) lalu duduk. Berhitung secara gantian searah
jarum jam, dan tentukan angka diganti dengan "HORE". Misal, angka 4
dan 8. 1, 2, 3, HORE, 5, 6, 7, HORE, 9, 10, 11, 12, 13, HORE, 15, 16, 17, HORE.
(14 dan 18 diganti, karena mengandung kata-kata "empat" dan "delapan".)
Begitu seterusnya sampai maksimal angka yang ditentukan, misal 40 ato 50.
3. Gelang
Berpindah
Alat
yang perlu disediakan:
· Sedotan (pilih
yang agak kuat/keras)
· Gelang plastik /
gelang karet
· Baskom/wadah
Cara bermain :
· Kelompokkan anak
dengan anggota masing-masing kelompok 5 orang. Atau kelompokkan menjadi 3 – 5
kelompok sesuai dengan jumlam siswa di kelas Anda.
· Setiap anak harus
berdiri sejajar dengan jarak masing-masing 1-2 meter.
· Beri setiap anak 1
buah sedotan dan minta mereka menempatkan sedotan di ujung mulut.
· Letakkan sebuah
baskom 1 meter di samping anak paling ujung pada setiap kelompok.
· Berikan gelang plastik
atau gelang karet pada anak yang berdiri paling awal, dan gantungkan pada ujung
sedotannya. Ingatkan anak-anak untuk tidak menggunakan tangan untuk menahan
gelang.
· Setiap anak harus
membawa gelang kepada teman satu tim mereka secara estafet, yang kemudian anak
paling ujung meletakkannya pada baskom.
· Masing-masing kelompok
harus berhasil memasukkan 5 gelang secara estafet, dan kelompok yang lebih dulu
memasukkan gelang paling banyak dalam waktu yang ditentukan, itulah yang keluar
sebagai pemenangnya.
4. Mencari Dengan Diam
Peralatan : Perangko
Jumlah pemain : berapa saja
Waktu : bervariasi, tergantung jumlah pemain dan kemampu mengobservasi
Tujuan : Melatih kemampuan mengobservasi
Memupuk inisiatif
Sebuah perangko ditempel di suatu tempat dalam ruangan pertemuan sebelum para peserta datang/tiba. Instruksinya : Tiap peserta harus mencari perangko tersebut dan bila mereka telah melihatnya, mereka harus duduk diam dan tidak boleh berkata apa pun. Akan sangat lucu memperhatikan peserta-peserta terakhir. Dan tentu saja peserta yang paling akhir duduk adalah yang kalah. (permainan ini dapat juga dimainkan di luar ruangan).
Peralatan : Perangko
Jumlah pemain : berapa saja
Waktu : bervariasi, tergantung jumlah pemain dan kemampu mengobservasi
Tujuan : Melatih kemampuan mengobservasi
Memupuk inisiatif
Sebuah perangko ditempel di suatu tempat dalam ruangan pertemuan sebelum para peserta datang/tiba. Instruksinya : Tiap peserta harus mencari perangko tersebut dan bila mereka telah melihatnya, mereka harus duduk diam dan tidak boleh berkata apa pun. Akan sangat lucu memperhatikan peserta-peserta terakhir. Dan tentu saja peserta yang paling akhir duduk adalah yang kalah. (permainan ini dapat juga dimainkan di luar ruangan).
5. Tahan
Tawa
3
Junior melawak didepan junior lain ,jika ada penontong yg tertawa dia diberi
hukuman.!(terserahlah), tetapi jika dalam 3 menit tidak ada penontong yg
tertawa pelawaklah yg harus diberikan hukuman.! (osis akan menyediakan beberapa
naskah pendek lucu)
6. Mengenali
Teman
Peralatan
: Kertas kosong
alat tulis untuk setiap peserta
Jml
pmain : Bebas
Waktu
: 10- 12 menit
Osis
membagikan kertas kosong kepada semua peserta , seluruh peserta lalu menulis
data pribadi mereka (NAMA LENGKAP, NAMA KK/ ADIK BOLEH SEPUPU/KEPONAKAN, SEKOLAH
ASAL, HOBI, ALAMAT, IDOLA, & ALAMT EMAIL “BAGI YANG TIDAK PUNYA SILAKAN
MENGARANG”. Setelah itu kertas dikembalikan kepada Osis , lalu Osis
membagikan kertas tersebut secara acak( sebelum membagikan suruhlah peserta
untuk meletangkan alat tulis mereka di atas meja). Osis akan memberikan waktu
selama 2-3 menit kepada para peserta untuk menghapat data pribadi temannya,
Kemudian Osis menunjuk seorang pesrta MOS dan bertanya data pribadinya yg tadi
dia terima. Peserta harus mampu menjawab pertanyaan pemimpin . Sementara itu
yang memiliki data pribadi harus memperharikan dengan benar/ tidaknya
jawabannya
7. Sugesti
Osis bisa member sugesti semacam ini
"Lakukan apa yang saya katakan dan jangan lakukan apa
yang saya lakukan.."
"Lakukan apa yang saya katakan dan jangan lakukan apa
yang saya lakukan.."
"Lakukan apa yang saya katakan dan jangan lakukan apa
yang saya lakukan.." ucapkan berulang kali sampai pikiran peserta
bingung pada waktu yang tiba-tiba kalian bilang : PEGANG HIDUNG! sambil
tangannya nyentuh jidat (suruhannya bebas) ini semacam darat udara laut tapi
versi berbeda
HUKUMAN YG BISA DIBERIKAN :
1. Menyanyi
bisa
dipariasikan , misalnya lagu dirubah menjadi berhurup A,U,E,O dsb. Menyanyikan
sebuah lagu dengan nada seriosa. dan rap
2. Nari
suruh
mereka menarikan tarian cirri khas dari suatu idola atau tarian , misalnya Tari
Manuk Rawa ,SUJU, CHIBI , Tari Piring , Jaipong, MJ dll
3. Membuat
sebuah Kata/ Kalimat yg hurup2 diperagakan dengan pantat
akan
seru dilihat jika yg memperagakan 2 atau lebih ,tetapi suruhlah mereka
mengulang sampai kompak
4. Meniru gaya tokoh/ iklan,
atau kata-katanya yang khas
misalnya
Barrack Obama “saya suka nasi goring ,sate” dan kata2 lain.! Anas Urbaningrum
“kalo anas terlibat kasus Hambalang gantung anas di monas” (hehe walau agak
sedikit berpolitik gapapa, yg penting happy) Syahrini “Alhamdulilah. ya
sesuatu” dll
5. Berekting
_Menangis
, tertawa atau Marah
osis
akan menyiapkan sebuah percakapan tidak perduli dengan percakapan tersebut dia
harus merespon dengan ektingnya
6. Meminta
Tanda Tangan/ Data
Osis
bisa menyuruh peserta MOS untuk meminta tanda tangan Seorang OSIS atau meminta
info tentang sesuatu kepada warga sekolah. ( bagi osis jika dimintai info/tanda
tangan kalian bisa menguji peserta tersebut)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar